Maag dan Antasida

By. Tri Aan Agustiansyah


Beberapa hari ini Devi (25 th) merasakan nyeri di daerah perutnya, kadang disertai rasa penuh di bagian tersebut, tetapi karena kesibukannya sebagai seorang wartawan membuat ia tidak terlalu menaruh perhatian pada rasa sakitnya itu. Apalagi saat ini dimana negara kita tercinta baru saja selesai melaksanakan pesta demokrasi membuat ia semakin sibuk dalam aktivitasnya mengejar berita. Sampai tadi malam saat ia baru pulang ke rumahnya tiba tiba Devi merasakan nyeri hebat di daerah perutnya & rasa mual yang membuatnya mengalami muntah-muntah sepanjang malam. Akhirnya dengan diantar oleh adiknya ia dibawa ke klinik kesehatan dekat rumahnya. Setelah menjalani pemeriksaan oleh dokter jaga, Devi diberitahu bahwa ia menderita maag mungkin akibat pola makannya yang tidak teratur & juga stress karena pekerjaannya. Oleh dokter ia diresepkan berbagai macam obat untuk sakitnya itu seperti obat untuk menghilangkan rasa mual, obat untuk menetralkan asam lambung yang berlebih & juga obat untuk mengatasi rasa kembung / penuh di perut.

Gangguan pada bagian lambung bisa berbagai macam bentuknya, kadangkala perut terasa penuh, kembung atau bahkan seperti ada rasa terbakar atau panas di daerah dada atau dibagian bawah perut terutama setelah habis makan. Faktor penyebab dari gangguan lambung tersebut bisa karena makanan, stress, efek samping dari obat-obatan, kegemukan ataupun merokok.

Untuk mengenal lebih jauh tentang sakit maag & pengobatannya, dapat disimak artikel terbaru dari medicastore dengan judul :

Klik disini

Gangguan pada lambung atau yang biasa juga disebut dengan sakit maag merupakan kelompok kondisi dengan satu persamaan, yaitu adanya peradangan pada lapisan lambung. Peradangan ini bisa disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau faktor lain seperti penggunaan berulang obat pereda nyeri atau pun karena minum alkohol secara berlebih.

Sakit maag dapat terjadi tiba-tiba (sakit maag akut) atau terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu (sakit maag kronis). Pada beberapa kasus, sakit maag dapat menyebabkan timbulnya tukak pada lambung & dapat juga meningkatkan resiko untuk terkena kanker pada bagian perut. Tetapi untuk sebagian orang lain, sakit maag bukanlah penyakit serius & dapat disembuhkan melalui pengobatan.

Berikut adalah tips dari mayoclinic untuk menjaga kesehatan organ pencernaan & pencegahan sakit maag.

tips menjaga kesehatan organ pencernaan :

  1. Praktekkan kebiasaan makan yang sehat.
    Makanlah selalu dalam porsi yang sedang, secara teratur & tidak terburu-buru.
  2. Jaga keseimbangan berat badan.
    Gangguan pada organ pencernaan dapat terjadi pada siapapun, tetapi untuk gangguan seperti kembung, heartburn dan konstipasi cenderung banyak terjadi pada orang yang berat badannya berlebih. Menjaga keseimbangan berat badan terbukti dapat membantu untuk mencegah ataupun mengurangi gejala-gejala tersebut diatas.
  3. Sering berolahraga.
    Latihan aerobic yang dapat meningkatkan pernafasan & denyut jantung ternyata dapat juga merangsang aktivitas otot pada bagian usus, sehingga membantu untuk menggerakan sisa makanan di usus untuk dikeluarkan lebih cepat. Latihan aerobic sebaiknya dilakukan setidaknya selama 30 menit setiap hari. Ada baiknya juga untuk memeriksakan ke dokter sebelum anda memulai program latihan tubuh .
  4. Mengelola stress.
    Stress dapat meningkatkan resiko untuk terkena serangan jantung ataupun stroke, mengurangi daya tahan tubuh serta memicu atau memperparah masalah pada kulit. Stress juga dapat meningkatkan produksi asam lambung & memperlambat pencernaan.  Karena stress merupakan hal yang tidak dapat dihindari bagi sebagian orang, maka cara terbaik adalah dengan cara mengelola stress tersebut. Caranya bisa dengan istirahat yang cukup, olahraga secara teratur & menemukan cara yang tepat untuk menenangkan diri seperti dengan yoga, meditasi atau tai chi. Kegiatan tersebut dapat membantu untuk memfokuskan pikiran, menenangkan kegelisahan & mengurangi tekanan fisik. Terapi pijat juga dapat mengendorkan otot yang tegang & saraf yang letih.

tips pencegahan sakit maag :

  1. Pola makan yang tepat.
    Jika sering mengalami masalah pada pencernaan, lebih baik untuk makan dalam porsi yang lebih kecil tapi dengan frekuensi yang sering untuk membantu mengatasi efek dari asam lambung. Sebagai tambahan, hindari juga untuk memakan makanan yang dapat menyebabkan iritasi seperti makanan pedas, asam, goreng-gorengan ataupun makanan berlemak.
  2. Hindari atau batasi konsumsi alkohol.
    Konsumsi alkohol yang berlebih dapat menyebabkan iritasi & pengikisan lapisan lambung. Sehingga terjadi peradangan & perdarahan pada lambung.
  3. Berhenti merokok.
    Merokok dapat mempengaruhi lapisan pelindung dari lambung, sehingga lambung menjadi rentan untuk mengalami iritasi ataupun tukak. Merokok juga dapat meningkatkan produksi asam lambung, memperlambat penyembuhan lambung & menjadi faktor resiko yang utama untuk terkena kanker pada daerah perut.
  4. Ganti pereda nyeri anda.
    Jika memungkinkan hindari penggunaan obat pereda nyeri AINS dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus. konsultasikan ke dokter mengenai obat pereda nyeri yang tepat untuk anda.
  5. Ikuti rekomendasi dokter anda.
    Dokter anda bisa saja merekomendasikan obat antasida atau penghambat produksi asam lambung yang dijual bebas di apotik untuk membantu mencegah sakit maag yang mungkin timbul.

button

Artikel Terkait

Mengobati Sakit Maag di rumah

Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag

Menangkal Penyakit dengan Pola Makan Sehat

button

Info Penyakit

Maag/Gastritis (radang lapisan lambung)

Ulkus Peptikum

Gastroesophageal Reflux (GERD)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: